• MI YA BAKII KALISABUK 02
  • Madrasah Hebat Bermartabat

MEKANISME PENCAIRAN BOP RA DAN BOS MADRASAH TAHUN 2021

Cilacap, 23 Februari 2021

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada RA dan Madrasah (MI, MTS, MA dan MAK) merupakan bantuan untuk operasional madrasah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003.

Mekanisme pencairan BOS tahun 2021 sangatlah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebelum tahun 2021, DIPA BOS Ra dan Madrasah Swasta ada di Kankemenag Kabupaten/Kota. 

Tahun 2021 merupakan awal dari perubahan mekanisme BOS RA dan Madrasah khususnya yang diselenggarakan oleh masyarakat. Diawali akhir tahun 2020 Kementerian Agama menyalurkan BOS BA-BUN melalui Portal BOS Kemenag. Baik pengajuan berkas, pencairan dan pelaporannya. 

Sesuai dengan surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Pusat, bahwa Langkah-langkah dan Tahapan Kegiatan Percepatan Penyaluran Dana BOP RA dan BOS Madrasah Tahun Anggaran 2021 sebagai berikut :

  1. Mensosialisasikan kepada semua RA dan Madrasah serta pemangku kebijakan terkait untuk memahami dan mempedomani Petunjuk Teknis (Juknis) Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan pada Raudlatul Athfal dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Madrasah Tahun Anggaran 2021 sebagaimana dapat diunduh melalui Portal BOS Kemenag https://bos.kemenag.go.id
  2. Satuan Kerja Penyalur Dana BOP RA (Satker Kanwil Kemenag Provinsi atau Satker Kantor Kemenag Kabupaten/Kota) dan Satuan Kerja Penyalur Dana BOS pada MIN yang telah dilikuidasi Satkernya diminta untuk segera melakukan percepatan pencairan dana BOP RA dan BOS Madrasah Tahap I Tahun Anggaran 2021 paling lambat 31 Maret 2021 dengan mengacu pada Juknis Pengelolaan BOP dan BOS sebagaimana dimaksud pada poin 1 di atas.
  3. Penyaluran Dana BOS bagi MI, MTs, MA, dan MAK Swasta (Madrasah Yang diselenggarakan oleh Masyarakat) Tahun Anggaran 2021 akan dilaksanakan Satuan Kerja Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dengan menggunakan mekanisme Bank Penyalur paling lambat 31 Maret 2021 setelah Madrasah melengkapi persyaratan yang ditetapkan;
  4. Tahapan Kegiatan Penyaluran Dana BOS bagi MI, MTs, MA, dan MAK Swasta Tahap I adalah sebagai berikut:
  5. Bagi madrasah yang telah mengikuti pelatihan edm dan e-rkam pembuatan rkam dibuat secara online di https://erkam.kemenag.go.id, sedangkan untuk madrasah yang belum mengikuti pelatihan edm dan e-rkam masih menggunakan manual.

Tanggal 23 Februari ini dana sudah bisa dilihat alokasinya di portal BOS Kemenag untuk selanjutnya persiapan pencairan sebagaimana tahapan tahapan tersebut diatas.

Pelaporan penggunaan danapun harus melalui Portal BOS Kemenag. Mudah-mudahan dengan sistem digital ini pencairan dan penggunaan serta pelaporan dana BOP RA dan BOS madrasah akan semakin mudah dan efesien waktu.

Surat Edaran Dirjen Pendis bisa di sini

Juknis BOP RA dan BOS Madrasah bisa di unduh di sini

Komentari Tulisan Ini